Langsung ke konten utama

BunSay - Game Level #11 Tantangan Hari #13



•Ketika Anak Bertanya•

PENTINGNYA PENDIDIKAN SEKSUALITAS SEJAK DINI

Sosok ayah dan ibu harus ada sepanjang masa mendidik anak-anak sejak lahir sampai aqil baligh, tentu agar fitrah seksualitas anak tumbuh indah paripurna. Agar mendapat manfaat seperti:

  • Lebih terbukanya pikiran anak terhadap topik yang berkaitan dengan masalah seksual
  • Mengerti dan memahami peran dari jenis gender
  • Menghapus rasa ingin tahu yang tidak sehat
  • Menyadari masalah yang akan timbul akibat dari seks bebas
  • Memiliki kesadaran akan fungsi seksualnya Menciptakan rasa percaya diri

PERTANYAAN YANG SERING MUNCUL
ANAK USIA DINI

  • Dari mana adik bayi muncul???

Kita bisa mulai dari penjelasan tentang bayi yang tidak langsung ada dalam wujud besar seperti ketika dilahirkan. Ada proses dari janin yang sebesar kacang, kemudian tumbuh membesar dan setelah cukup besar, harus dikeluarkan dari perut Ibu. Ini dapat dijelaskan dengan menggunakan gambar sebagai ilustrasi.

  • Kenapa tempat pipis perempuan dan lelaki berbeda?
“Karena Tuhan menciptakan berbeda, supaya ada perbedaan yang jelas antara laki-laki & perempuan.”

  • Kenapa aku bisa ada di dalam perut ibu saat ibu hamil? atau Kenapa adik bisa ada dalam perut ibu? (1/4)
Mulai dari jawaban yang umum seperti: “Setelah ayah ibu menikah (ini merupakan penanaman nilai, kalau mau hamil ya nikah dulu), ayah ibu berdoa pada Tuhan supaya dberikan anak, lalu ada kamu deh di perutnya ibu…. (lalu biasanya bisa dialihkan ke perkembangan janin selama di perut ibu, ada buku2nya yang bergambar menarik buat anak atau bisa browse di internet)

  • Fitrah Seksualitas Anak - Ketika Anak Bertanya Kenapa aku bisa ada di dalam perut ibu saat ibu hamil? atau Kenapa adik bisa ada dalam perut ibu? (2/4)
Jika anak bertanya lebih lanjut/belum puas:
“Kamu berasal dari sel telur dari ibu dan sel sperma dari ayah yang bertemu lalu tumbuh berkembang di perut ibu.”
Jika anak bertanya lebih lanjut (biasanya jika anak sudah besar atau mendekati usia puber);
biasanya akan bertanya bagaimana bertemunya: “Bertemunya lewat hubungan suami isteri. Nanti jika kamu sdh menikah, kamu akan lebih paham.”

  • Kenapa aku bisa ada di dalam perut ibu saat ibu hamil? atau Kenapa adik bisa ada dalam perut ibu? (3/4)
Jika anak bertanya lebih detil lagi, biasanya tentang apa itu hub suami isteri: “Kamu pernah lihat ayah ibu sayang2an tidak? (Biasanya anak2 akan jawab: pernah spt pegangan tangan, pelukan, cium pipi dll). Nah ada cara sayang khusus antara ayah ibu yang hanya dilakukan berdua saja, tidak ingin dilihat oleh orang lain, biasanya di dalam kamar. Di sinilah terjadi hub suami isteri tersebut.”

  • Kenapa aku bisa ada di dalam perut ibu saat ibu hamil? atau Kenapa adik bisa ada dalam perut ibu? (4/4)
Jika anak menggali lebih dalam lagi, ya jawablah: “Alat kelamin pria masuk ke dalam alat kelamin wanita, tapi hanya boleh dilakukan jika kamu sudah menikah ya…” 

  • Aku tuh, keluar dari perut mama, bagaimana? Ini tergantung dari cara lahirnya si anak, kalau keluar melalui operasi caesar, ya katakanlah lewat operasi tsb. Anak akan penasaran untuk lihat bekas operasinya. Tidak ada salahnya diperlihatkan bekas operasinya. Tetapi jika lewat proses kelahiran normal, bilang pada anak bahwa dia keluar lewat suatu lubang yang namanya lubang/mulut rahim, letaknya dekat dengan lubang pipis jadi sulit terlihat. Ibu bisa gunakan buku atau gambar dari internet yang pas untuk menjelaskan pada anak ttg lubang tempat dia keluar ini/lubang rahim. 

  • Setelah mandi, kenapa aku nggak boleh telanjang tapi harus pakai handuk?
Karena untuk melindungi bagian tubuh pribadi kamu….kamu harus menyayangi tubuhmu seperti ibu juga menyayangi kamu, terutama bagian tubuh pribadimu (jelaskan batasan tubuhnya) yang hanya boleh dilihat oleh kamu sendiri, orangtuamu terutama ibu dan dokter dengan ditemani ayah/ibu

  • Ketika Anak Bertanya Ketika melihat waria, kenapa kok orangnya begitu???
Adek tahu ga ada berapa jenis kelamin manusia...( kalau belum tahu jelaskan bahwa Allah hanya menciptakan 2 jenis manusia)...lalu itu waria...laki laki yang menyerupai wanita... ( beritahu apa yang Allah larang berkitan dengan ini). Ceritakan kisah dalam Alqur’an tentang nabi luth dengan sederhana 

PERTANYAAN YANG SERING MUNCUL 
ANAK PRA-AQIL BALIGH

  • Kenapa sih, Ibu suka pakai pampers kecil (pembalut) ?
Karena untuk menampung darah yang keluar dari lubang pipis ibu…ini terjadi setiap bulan selama beberapa hari…tidak apa2 karena ini baik untuk kesehatan ibu. Namanya menstruasi atau haid. Semua wanita yang sudah dewasa akan mengalaminya.

  • Mimpi basah itu apa sih? (1/2)
Mimpi ini biasanya terjadi pada anak laki-laki yang sudah mau remaja…mimpi ini menandakan kalau tubuhnya sudah beranjak besar, biasanya setelah mimpi celananya basah karena ada sperma yang keluar. Nah kalau sudah ada sperma seperti itu, tandanya kamu sudah remaja/baligh. Mimpinya biasanya mimpi yang menyenangkan, biasanya kamu nanti bertemu dengan perempuan yang kamu sukai di mimpi itu….

  • Mimpi basah itu apa sih? (2/2)
Jadi nanti kalau kamu mimpi basah, kasih tahu ibu ya…karena ibu harus kasih tahu apa yang harus dilakukan (untuk yang muslim, ada kewajiban mandi besar). Nanti ayah akan cerita ke kamu lebih banyak tentang mimpi basah ini karena semua laki-laki dulunya mengalami hal yang sama.

  • Menstruasi itu apa? Kenapa perempuan mengalami, laki-laki tidak?
Menstruasi itu proses keluarnya darah dari tubuh wanita yang terjadi setiap bulan. Dari mana darah itu? Dari sel telur yang tidak dibuahi. Ini harus keluar supaya perempuan itu tetap sehat. Jadi menstruasi itu tidak apa2. Laki2 tidak mengalaminya karena laki2 tidak memiliki sel telur

  • Onani itu apa?
Coba tanyakan terlebih dahulu, apakah anak pernah melakukannya/ tidak...tahu dari mana???
1. Bila anak sudah pernah melakukan. " It's ok.itu normal. Tetapi perbuatan itu tidak baik selain bisa menyebabkan alat kelamin lecet dan sakit, hal itu juga dilarang dalam agama kita. Dan lebih baik kita perbanyak aktivitas seperti olahraga dan berpuasa.
2. Bila belum. Berikan pemahaman tentang hukum yang dipercaya, akibat dan bagaimana mengantisipasinya


Tips & Trick 

  • Respon pertanyaan anak dengan baik, tidak perlu marah atau nampak terkejut.
  • Luangkan waktu untuk berdialog secara terbuka.
  • Berikan jawaban sederhana sesuai usia anak.
  • Berikan jawaban jujur dengan bahasa halus dan ilmiah.
  • Tanya balik anak untuk melihat sejauh mana yang dia tahu Gunakan media atau alat bantu seperti buku, gambar, internet , dll.
  • Gunakan bahasa yang sederhana.
  • Ganti topik jika anak terlihat puas.
  • Akui jika tidak tahu, dan ajak anak mencari jawabannya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dacin Inovatif

Setiap bulan, aku membawa Albarra ke Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) untuk melakukan penimbangan berat badan dan tinggi badan. Selain itu, aku bisa mendapatkan informasi tentang kesehatan ibu dan anak, baik berupa seminar atau konsultasi dengan bidan. Sebenarnya posyandu di lingkungan tempat tinggalku biasa diadakan di dalam komplek perumahan, yakni wilayah RT (Rukun Tetangga). Namun, untuk waktu-waktu tertentu, posyandu terpusat di wilayah RW (Rukun Warga). Misalnya, saat pembagian vitamin A dan obat cacing setiap enam bulan sekali, atau imunisasi. Seperti halnya hari ini, ada pembagian obat cacing gratis dari pemerintah, sehingga posyandu RW dilaksanakan di perkampungan warga sebelah komplek rumah.
Sebenarnya pemantauan berat dan tinggi badan, ataupun pemberian obat cacing bisa dilakukan mandiri. Namun, di sini kita bisa sekaligus silaturrahim dengan warga di luar komplek, khususnya ibu-ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) wilayah RW. Selain itu, Albarra juga senang sekali…

Dariku dan Untukku

08/30 •Dariku dan Untukku• . Bismillaahirrahmaanirrahiim... Hari ini, tepat seminggu di tahun baru 2020. Setelah pekan lalu membuat refleksi 2019, aku jadi teringat akan sesuatu. Sebuah batu titian awal, untuk melompat ke tingkatan selanjutnya dalam kehidupan. Lompatan terbesarku di tahun kemarin adalah keberanian dalam menentukan pilihan. Salah satunya adalah “memilih untuk terus menulis”. . Sebuah resolusi yang dibuat sejak awal tahun 2019 dan berhasil direalisasikan. Alhamdulillah, tentunya atas izin Allah, aku bisa konsisten untuk menulis sepanjang tahun. Menulis apapun, diary, tugas belajar, pekerjaan, bahkan yang tak pernah aku bayangkan, bisa ikut berkontribusi dalam tiga buah buku antologi. . Selama tahun 2019, Alhamdulillah lahir tiga buah buku antologi bersama teman di berbagai komunitas. Karya pertama adalah sebuah buku non-fiksi terkait “Unforgettable Moment”. Kemudian aku mulai belajar menulis fiksi dalam buku “Pelangi di Negeri Air” dan terakhir “HR Story”, sebagai rekam jejak…

Belajar Menulis Biografi

Berkenalan dengan Sosok Emak Pendongeng Siska Dewi Raharjo
Oleh: Cindyta Septiana
Siska Dewi, ibu dua anak, kelahiran 10 Desember 1991, memiliki latar belakang keluarga yang unik. Berasal dari keluarga dengan suku Jawa terpatnya Purwokerto, Siska lahir di Bandung dan menetap di sana hingga menikah serta memiliki seorang anak. Anak pertamanya lahir pada bulan April tahun 2013, bernama Muhammad Rioiggo Asadfaiq, tepat setahun setelah pernikahannya dengan Pandu Raharjo, yang diselenggarakan pada bulan 20 Mei 2012.
Siska dan suami memutuskan untuk menikah di usia muda karena pada saat itu, mereka sudah merasa siap secara mental, spiritual, dan finansial. Begitu pula dengan restu yang telah didapat dari orang tua, beberapa saat setelah wisuda menjadi Sarjana Pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia, jurusan Pendidikan Anak Luar Biasa. Namun, menikah di usia 21 tahun nyatanya bukan keputusan yang mudah. Kala itu Siska dihujani pula banyak pertanyaan dari keluarga dan kerabat, tak lain ad…