Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Januari, 2020

BunSay - Game Level #10 Tantangan Hari #9

•Bahtera Nabi Nuh•⁣ ⁣⁣⁣⁣⁣⁣ Bismillaahirrahmaanirrahiim...⁣⁣⁣ ⁣⁣ Pekan Ulangan Harian tiba, akhirnya Althaf (6th) mulai belajar di rumah bersama Bundyta. Maklum, tiap hari gak pernah belajar/ mengulang pelajaran di sekolah. Bebasss... di rumah sih bebas mau ngapain aja. Toh belajar bukan harus menghafal teks atau mengerjakan LKS. Setidaknya untuk setingkat Althaf saat ini. Lalu kalau di rumah ngapain aja? Main, main, dan main. Hahaha… Sesekali baca buku, nonton atau menggambar, bikin sesuatu dan kebanyakan sih ngobrol. Tenang aja, dari semua aktivitas itu ada kok yang hal dipelajari dan insyaaAllah lebih menyenangkan dan tertanam dalam hati.⁣ Nah, kemarin giliran persiapan Ulangan Agama tentang Nabi Nuh AS. Kebetulan worksheet sudah dibaca ulang dan tanya jawab, kemudian giliran Bundyta beraksi. Berbekal buku “Cerdas dan Sholeh Bersama Hafiz dan Hadizah” dari Al-Qolam, diceritakanlah Kisah Nabi Nuh A.S. beserta bahtera yang menyelamatkan dirinya beserta umatnya yang

BunSay - Game Level #10 Tantangan Hari #8 30/30

30/30 •Waktu Istirahat• ⁣⁣⁣⁣⁣ Bismillaahirrahmaanirrahiim...⁣⁣ ⁣ Adakah kiranya yang berkenan memberi tips agar anak makan cepat? Hahaha… Ini masih menjadi tantangan bagiku saat menemani Althaf (6th) makan. Padahal sudah dijauhkan dari berbagai bentuk distraksi. Di meja hanya berhadapan dengan piring makan. Pernah juga dibuat sehari tanpa camilan, atau diberi aktivitas fisik yang padat, serta makanan yang variatif. Tetap saja masih lama menyelesaikan makannya. Kini aku nampak membutuhkan “waktu untuk istirahat” menggegas dengan berbagai cara. Berbekal dari menonton Top Chef Junior, aku pun menceritakan tentang seorang kontestan yang tereliminasi karena kurang cermat dalam manajemen waktu. Fernando adalah salah satu anak berbakat. Ia menyiapkan sebuah hidangan yang terlihat lezat, dengan menu daging dan asparagus sebagai pendamping. Namun, ia asyik memasak tanpa memperhatikan waktu yang terus berjalan. Tak sadar, waktu tinggal 5 menit lagi. Saatnya ia menata hid

BunSay - Game Level #10 Tantangan Hari #7 29/30

29/30 •Petualangan Rusa•⁣ ⁣⁣⁣⁣⁣ Bismillaahirrahmaanirrahiim...⁣⁣ ⁣ Field Trip menjadi salah satu aktivitas yang selalu dinantikan oleh Althaf (6th). Anaknya sibuk berkemas, emaknya dihantui cemas. Maklum lah ya, namanya juga emak-emak, kebayang anaknya yang aktif ini berlarian kesana kemari di tempat umum, pastilah guru-guru pendamping jadi rempong. Hehe… Akhirnya seperti biasa muncul sebuah ide untuk berpesan, karena kayaknya nasehat langsung udah disampaikan sampai bosan. Dongeng kali ini bertajuk “Petualangan Rusa”. Dikisahkan lima ekor rusa yang biasa kita lihat di istana, mereka sudah lama sekali tinggal di sana. Mereka bernama AL, IL, UL, EL, OL. Suatu hari, raja memerintahkan mereka untuk pergi berpetualang ke dalam hutan. Anggap saja sebuah liburan atau petualangan. Penjaga istana berpesan agar mereka mengikuti segala arahan dan larangan dari Sang Raja Hutan. Dialah seekor singa jantan yang menjadi pemimpin mereka selama di hutan. Singa memberi tahu kem

BunSay - Game Level #10 Tantangan Hari #6 28/30

28/30 •Kotak Pensil Racil•⁣ ⁣⁣⁣⁣⁣ Bismillaahirrahmaanirrahiim...⁣⁣ Akhir-akhir ini Althaf (6th) dan teman-teman di sekolah punya permainan baru. Alat yang digunakan adalah stick ice cream lolly. Kebetulan Althaf punya stock cukup banyak di rumah, satu tempat makan yang bisa diisi sekitar 100 batang. Setiap hari ia membawa semua koleksinya itu ke sekolah.⁣ ⁣ Tetiba aku teringat pengalaman kecilku tentang kehilangan barang yang dibawa ke sekolah. Khawatir kalau saja seluruh stick hilang, maka ia akan uring-uringan. Giliran Bundyta deh nanti yang harus membelikan lagi, huuu rugiii… Aku pun terinspirasi untuk membuat sebuah dongeng tentang “Kotak Pensil Milik Racil”.⁣ ⁣ Ada seorang anak sekolah dasar bernama Rania, karena tubuhnya yang mungil, ia biasa dipanggil Racil. Setiap ke sekolah, Racil membawa tempat pensil cukup besar. Ada 5 pensil, 3 pulpen, 3 penghapus, 2 rautan pensil, 2 tipe-x, 3 penggaris, 3 stabillo, bahkan 12 batang spidol warna.⁣ ⁣ Selain digunakan u

BunSay - Game Level #10 Tantangan Hari #5 27/30

27/30 •Tiga Kurcaci Bekerja•⁣ ⁣⁣⁣⁣⁣ Bismillaahirrahmaanirrahiim...⁣⁣ ⁣ Semalam Bundyta meminta bantuan Althaf (6th) dan Albarra (2th) untuk mengganti sprei kasur mereka beserta sarung bantal dan guling. Awalnya susah sekali, mereka masih tetap asyik bermain.⁣ ⁣ Setelah permintaanku berulang, Althaf mulai membantu, walau tetap sambil bermain-main. Akhirnya, aku mencoba membuatnya lebih bersemangat dengan membacakan sebuah dongeng tentang “Kerja Sama Tujuh Kurcaci”.⁣ ⁣ Dalam cerita, digambarkan bahwa para kurcaci sedang berjalan di dalam hutan. Mereka tak punya tempat berteduh dikala hujan dan panas terik menyengat. Alhasil, salah satu kurcaci memiliki ide untuk membangun rumah.⁣ ⁣ Awalnya, ide tersebut dicemooh karena mustahil dilakukan oleh makhluk kecil seperti mereka. Namun, berkat kerja sama disertai proses pembagian tugas, mereka akhirnya berhasil mewujudkan impian, memiliki rumah yang indah dan nyaman.⁣ ⁣ Ada kurcaci yang bertugas menumpuk batu, menyus

BunSay - Game Level #10 Tantangan Hari #4 26/30

26/30 •Rahasia Sang Pemenang⁣ ⁣⁣⁣⁣⁣ Bismillaahirrahmaanirrahiim...⁣⁣ Sudah lebih dari sepekan terakhir Albarra (2th) belajar mengendarai sepeda roda empat. Alhamdulillah, setelah beberapa kali latihan bersama ayah dan bunda, kini Albarra sudah bisa bermain sepeda sendiri, walaupun masih dalam pengawasan.⁣ ⁣ Namun, ternyata ada satu PR lagi nih, yaitu saat Albarra berjumpa dengan polisi tidur. Ia belum bisa dengan mulus melaluinya, kadang sepeda harus mundur lagi atau malah terjatuh. Bolak balik aku membantunya, hingga teringat dengan dongeng yang kuceritakan pada hari sebelumnya.⁣ ⁣ Aha! Bundyta pun akhirnya melanjutkan dongeng tentang Balapan Romi dan Rubi. Kali ini tentang kesungguhan Rumi saat balapan, bertajuk Rahasia Sang Pemenang. Romi selalu mengawali balapan dengan berdoa saat menunggu di garis start, bismillahirrahmanirrahim.⁣ ⁣ Saat berkendara, pandangan Romi lurus ke depan. Ia fokus pada tujuan, yaitu garis finish. Lalu berusaha mengerahkan sekuat tena

BunSay - Game Level #10 Tantangan Hari #3 25/30

25/30 •Balapan Romi dan Rubi•⁣⁣⁣⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣ Bismillaahirrahmaanirrahiim...⁣ Kebiasaan Jum’at malam, Althaf (6th) seringkali enggan tidur cepat. Ia berpikir bahwa besok hari libur sekolah, jadi bisa tidur larut malam dan bangun keesokan harinya lebih siang.⁣ ⁣ Seperti biasanya, perilaku Sang Kakak akan dicontoh oleh adik, sehingga Albarra (2th) pun jadi enggan tidur. Ia pun jadi malas untuk menggosok gigi. Sulitnya mengajak Albarra menggosok gigi membuatku secara spontan membuat dongeng sebagai upaya lain untuk membujuknya.⁣ ⁣ Berikut kisah tentang Balapan Romi dan Rubi.⁣ ⁣ Di Kota Cinnamon, Romi dan Rubi sedang duel dalam putaran Final Lomba Balap Mobil. Romi adalah mobil balap jenis Ferrari berwarna merah, sementara Rubi adalah mobil warna biru keluaran Porsche. Sebelum balapan, Romi sudah mempersiapkan diri. Ia rajin bersih-bersih, terutama ban mobil karena merupakan komponen yang sangat vital saat balapan.⁣ ⁣ Di sisi lain, Rubi tak menghiraukan saran dari tim

BunSay - Game Level #10 Tantangan Hari #2 24/30

24/30 •Pᴇʟᴀᴊᴀʀᴀɴ Bᴀɢɪ Sᴇʀɪɢᴀʟᴀ•⁣⁣⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ 𝘉𝘪𝘴𝘮𝘪𝘭𝘭𝘢𝘢𝘩𝘪𝘳𝘳𝘢𝘩𝘮𝘢𝘢𝘯𝘪𝘳𝘳𝘢𝘩𝘪𝘪𝘮…⁣⁣⁣⁣ Setelah bersih-bersih dan sikat gigi, kemudian masuk kamar, Albarra menunjuk stiker Panda dan minta untuk mendengar dongeng yang kemarin. Wah, aku pun dengan senang hati memenuhi permintaannya, tentu dengan tambahan cerita selanjutnya. Cerita selanjutnya adalah 𝐏𝐞𝐥𝐚𝐣𝐚𝐫𝐚𝐧 𝐁𝐚𝐠𝐢 𝐒𝐞𝐫𝐢𝐠𝐚𝐥𝐚. (Silahkan swipe feed instagram ini ➡️➡️➡️ untuk dongeng selengkapnya) ⁣ 𝐾𝑒𝑒𝑠𝑜𝑘𝑘𝑎𝑛 ℎ𝑎𝑟𝑖𝑛𝑦𝑎 𝑃𝑎𝑛𝑑𝑎 𝑏𝑎𝑛𝑔𝑢𝑛 𝑡𝑖𝑑𝑢𝑟 𝑝𝑎𝑔𝑖-𝑝𝑎𝑔𝑖 𝑠𝑒𝑘𝑎𝑙𝑖. 𝐼𝑎 𝑏𝑒𝑟𝑔𝑒𝑔𝑎𝑠 𝑚𝑒𝑛𝑢𝑗𝑢 𝑝𝑒𝑘𝑎𝑟𝑎𝑛𝑔𝑎𝑛 𝑑𝑒𝑝𝑎𝑛, 𝑡𝑒𝑚𝑝𝑎𝑡 𝑑𝑖𝑚𝑎𝑛𝑎 𝑖𝑎 𝑏𝑒𝑟𝑚𝑎𝑖𝑛 𝑃𝑒𝑑𝑎𝑛𝑔 𝐴𝑗𝑎𝑖𝑏 𝑡𝑎𝑑𝑖 𝑚𝑎𝑙𝑎𝑚. 𝑁𝑎𝑚𝑢𝑛, 𝑖𝑎 𝑘𝑒𝑏𝑖𝑛𝑔𝑢𝑛𝑔𝑎𝑛 𝑘𝑎𝑟𝑒𝑛𝑎 𝑝𝑒𝑑𝑎𝑛𝑔 𝑖𝑡𝑢 𝑡𝑒𝑙𝑎ℎ 𝑚𝑒𝑛𝑔ℎ𝑖𝑙𝑎𝑛𝑔. 𝑃𝑎𝑑𝑎 𝑚𝑒𝑛𝑐𝑎𝑟𝑖 𝑘𝑒𝑠𝑎𝑛𝑎 𝑘𝑒𝑚𝑎𝑟𝑖, 𝑡𝑎𝑝𝑖 𝑚𝑎𝑖𝑛𝑎𝑛 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑖𝑎 𝑠𝑢𝑘𝑎𝑖 𝑖𝑡𝑢 𝑡𝑎𝑘 𝑑𝑎𝑝𝑎𝑡 𝑑𝑖𝑡𝑒𝑚

BunSay - Game Level #10 Tantangan Hari #1 23/30

23/30 •Pᴇᴅᴀɴɢ Sɪɴᴀʀ Aᴊᴀɪʙ Pᴀɴᴅᴀ•⁣⁣ ⁣⁣ 𝘉𝘪𝘴𝘮𝘪𝘭𝘭𝘢𝘢𝘩𝘪𝘳𝘳𝘢𝘩𝘮𝘢𝘢𝘯𝘪𝘳𝘳𝘢𝘩𝘪𝘪𝘮…⁣⁣⁣ ⁣⁣Saat persiapan tidur malam, aku melihat stiker yang menempel di pintu kamar anak-anak. Alhamdulillah seekor panda menginspirasiku untuk membuat cerita tentangnya. Kebetulan sore hari aku menemukan anak-anak meninggalkan mainan di teras depan. Karena selesai bermain, Althaf (6th) & Albarra (2th) tak langsung merapikan.⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣ Alhasil, muncullah sebuah cerita tentang 𝐏𝐚𝐧𝐝𝐚 𝐝𝐚𝐧 𝐌𝐚𝐢𝐧𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐝𝐚𝐧𝐠 𝐒𝐢𝐧𝐚𝐫 𝐀𝐣𝐚𝐢𝐛.⁣⁣⁣ ⁣ 𝘚𝘢𝘢𝘵 𝘮𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘩𝘢𝘳𝘪, 𝘱𝘦𝘥𝘢𝘯𝘨 𝑎𝑗𝑎𝑖𝑏 𝑚𝑖𝑙𝑖𝑘 𝑃𝑎𝑛𝑑𝑎 𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘮𝘦𝘮𝘢𝘯𝘵𝘶𝘭𝘬𝘢𝘯 𝘤𝘢𝘩𝘢𝘺𝘢 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘣𝘪𝘯𝘵𝘢𝘯𝘨. 𝘛𝘦𝘳𝘭𝘪𝘩𝘢𝘵 𝘴𝘢𝘯𝘨𝘢𝘵 𝘪𝘯𝘥𝘢𝘩 𝘴𝘦𝘬𝘢𝘭𝘪, 𝘩𝘪𝘯𝘨𝘨𝘢 𝘗𝘢𝘯𝘥𝘢 𝘣𝘦𝘨𝘪𝘵𝘶 𝘣𝘢𝘩𝘢𝘨𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘮𝘢𝘪𝘯𝘬𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢 𝘴𝘢𝘮𝘱𝘢𝘪-𝘴𝘢𝘮𝘱𝘢𝘪 𝘪𝘢 𝘭𝘶𝘱𝘢 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘴𝘢𝘢𝘵 𝘪𝘵𝘶 𝘴𝘶𝘥𝘢𝘩 𝘭𝘢𝘳𝘶𝘵 𝘮𝘢𝘭𝘢𝘮.⁣⁣⁣ ⁣ 𝘉𝘦𝘳𝘬𝘢𝘭𝘪-𝘬𝘢𝘭𝘪 𝘐𝘣𝘶 𝘗𝘢𝘯𝘥𝘢 𝘮𝘦