Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Desember, 2019

BunSay - Game Level #9 Tantangan Hari #13

•Kreasi Tusuk Gigi• . Bismillaahirrahmaanirrahiim… Sesekali Bundyta mengajak Althaf (6th) dan Albarra (2th) makan bubur ayam di luar rumah, biar gak bosan! Ah, alasan… Padahal mah emang lagi gak masak. Hehe… . Seperti biasa, kalau ada tusuk gigi di meja, kami langsung memainkannya. Duh, maaf ya yang punya resto. Ini demi kenyamanan seluruh pelanggan dan demi ketenangan ibunda nyuapin anak-anak. Maklum, punya dua anak lelaki luar biasa aktif, jadi aku pun harus kreatif. . Kami membuat rumah, bintang dan bentuk orang. Albarra sih bilangnya bikin Albarra dan Mamas. Entah mirip atau tidak, yang pasti kini imajinasi mulai terasah untuk membentuk sesuatu yang ia bayangkan ke dalam media tusuk gigi. MasyaaAllah... Tabarakallah... . #hari13 #level9 #gamelevel9 #kuliahbunsayiip #tantangan10hari #institutibuprofesional #thinkcreative #IIPxBundyta #iipdepok #iip . @institut.ibu.profesional @ibuprofesional.depok

BunSay - Game Level #9 Tantangan Hari #12

•Albarra Bercerita• https://www.instagram.com/tv/AlbarraBercerita Bismillaahirrahmaanirrahiim… Menunggu sebelum pintu studio bioskop dibuka adalah saat yang membosankan bagi sebagian orang. Namun, kenyataannya malah lebih seru bagiku dan Albarra (2). Setiap sisi lorong disambangi sambil berlari, ia kemudian bertanya tentang gambar poster film yang mengelilingi. . Seringkali aku menjawab, ini adalah film tentang ini dan itu adalah film tentang itu. Hingga tergelitik dalam pikiranku untuk gantian bertanya. Kebetulan kami hendak menonton Jumanji, aku pun bertanya kepada Albarra tentang gambar apa saja yang ia lihat dan apa yang sedang mereka lakukan. . Sebelumnya Albarra menjelaskan ada bapak-bapak dan “monkey”. Selanjutnya ia mengatakan bahwa mereka sedang “menyelamatkan”. Hehehe… Terlepas dari kosakata yang terbatas sehingga deskripsi belum jelas. Aku sedang menstimulasi Albarra untuk mengembangkan kreativitasnya dalam mengembangkan ide dari sebuah gambar. . #hari12

BunSay - Game Level #9 Tantangan Hari #11

•Jari Ajaib Albarra• https://www.instagram.com/tv/JariAjaibAlbarra Bismillaahirrahmaanirrahiim… Bolak-balik memperhatikan saat menggunakan laptop, Albarra (2th) minta bergantian untuk gadget time. Ok! Baiklah, boleh pinjem laptop selama Bundyta shalat ya! . Nah, sudah dibukakan aplikasi khusus untuk anak-anak. Mari shalat dengan tenang. Namun, kenyataannya aku memang benar-benar shalat dengan tenang. Tak ada lagi suara khas aplikasi anak seperti biasa. Hingga selesai salam kumenemukan sebuah keanehan. . Layar menunjukkan Desktop dengan beberapa file yang sudah berpindah posisi. Oh No! Setelah dicek satu per satu, file penting alhamdulillah aman. Ternyata Albarra menutup aplikasi mainan anak dan mulai menemukan keseruan lain. . Dengan menggunakan jari mungilnya yang ajaib, Albarra menggeser satu per satu file. Entah mulai dari mana, percobaan yang ia lakukan. Beberapa file berpindah dari tempat semula ke pojok kanan bawah layar. . Awalnya aku mau teriak, lalu ma

BunSay - Game Level #9 Tantangan Hari #10

•Albarra Main Keyboard• https://www.instagram.com/p/AlbarraMainKeyboard Bismillaahirrahmaanirrahiim… Judulnya memacu kreativitas, jadi caranya beragam dan alatnya macam-macam. Kalau ayah bunda lagi sibuk, pergi, ada tamu, atau mendesak mengerjakan hal lain. Yowes, hasilnya ya seperti hari ini. . Albarra (2th) dihadapkan pada sebuah keyboard. Kupikir dia akan bingung mau ngapain. Dicoba-coba lah menekan tuts. “Bunyi” kemudian wajahnya berbinar. Eh, tenyata di luar dugaan. Dia langsung asik menekan tuts keyboard sambil menyanyikan lagu “Robocar Poli” hahaha… . Pernah punya keyboard mainan memang, jadi ekspektasi Bundyta adalah hanya sekedar menekan-nekan saja. Sama seperti saat bermain. Entah mungkin karena ini sungguhan, hasilnya lebih daripada itu. Albarra malah sangat menjiwai dengan bernyanyi, bahkan menggoyangkan badan. MasyaaAllah… Tabarakallah... . #hari10 #level9 #gamelevel9 #kuliahbunsayiip #tantangan10hari #institutibuprofesional #thinkcreative

BunSay - Game Level #9 Tantangan Hari #9

•Trik Saat Mati Listrik• . Bismillaahirrahmaanirrahiim… Bagaimana rasanya, ketika Mati Listrik selama 5 jam di rumah saja, Bun? Ditambah dengan hujan deras, angin kencang, dan disertai gemuruh. Ruang gerak anak-anak tentu akan terbatas dan Bunda harus siap mencarikan alternatif aktivitas lainnya. . Nyanyi, tebak-tebakkan, main bayangan, melihat air hujan, semua sudah dilakukan. Hingga adek tertidur dan lampu emergency pun habis battery. Kini saatnya Althaf (6th) dan Bundyta mencari lilin. Alhamdulillah, aktivitas menyalakan lilin ternyata bisa membunuh waktu dengan bermanfaat. . Bagaimana proses lilin bisa menyala? Caranya seperti apa? Hingga diskusi tentang bahaya api lilin pun terjadi. Seperti yang kita ketahui bersama, banyak terjadi kebakaran, yang diakibatkan oleh lilin saat mati lampu. Althaf akhirnya paham bahwa untuk menggunakan lilin, perlu wadah selain plastik, posisinya juga harus sesuai, dan diletakkan di tempat yang aman. . Namun, saat aku mengambil wa

BunSay - Game Level #9 Tantangan Hari #8

•Kreasi Galon Air• https://www.instagram.com/tv/KreasiGalonAir Bismillaahirrahmaanirrahiim… Hari ini persediaan air di galon habis, mari kita order! Minta bantuan anak-anak untuk memindahkan galon air kosong ke teras. Kok lama ya? Ternyata sama mereka malah dibuat mainan. Hahaha… Galon air bisa jadi apa aja, Guys? . Pertama yang aku lihat anak-anak, main balapan. Entah ceritanya kendaraan apa. Akhirnya gemas juga, aku tanya satu per satu. Sambil direkam nih! Albarra (2th) bilang galon air itu adalah mobil. Sambil bergaya menunggangi galon. . Namun, Althaf (6th) ternyata punya imajinasi lebih dari itu. Galon air dijelaskan bisa menjadi mobil, motor, bahkan jet ski lengkap dengan menunjukkan gaya menunggang galon yang berbeda. Albarra pun tak ragu untuk mengikuti gaya Mamasnya. MasyaaAllah… Tabarakallah… . Kalau begini, sering-sering aja Bundyta minta bantuan ya, Nak! Jangan-jangan semua benda di rumah bisa menjadi alat stimulasi kreativitas kalian. Hm… Cuci piring,

BunSay - Game Level #9 Tantangan Hari #7

•Bobo di Tenda Mainan• . Bismillaahirrahmaanirrahiim… Setelah dua kali pengalaman berkemah, ternyata Althaf (6th) rindu bermain-main di dalam tenda. Qadarullah Nenek dan Kakek memberikannya hadiah, sebuah tenda mini. . Akhirnya sepanjang hari bersama Albarra, mereka  keluar masuk tenda. Semua mainan di masukkan ke dalam. Pintu dan jendela pun dibuka tutup, seolah-olah telah bertemu waktu siang dan malam. . Sampai pada waktu dimana mereka menemukan tempat yang paling asik untuk bobo siang bahkan malam. Hehe… Kreatif juga ini anak-anak, bukannya pindah ke kasur, malah langsung tidur. Alhamdulillah ya, Nak! Walaupun di rumah, tetap seru dan bahagia. MasyaaAllah… Tabarakallah... . #hari7 #level9 #gamelevel9 #kuliahbunsayiip #tantangan10hari #institutibuprofesional #thinkcreative #IIPxBundyta #iipdepok #iip . @institut.ibu.profesional @ibuprofesional.depok

BunSay - Game Level #9 Tantangan Hari #6

•Air Terjun & Perahu Kertas• https://www.instagram.com/tv/AirTerjunPerahuKertas Bismillaahirrahmaanirrahiim… Siang-siang memandangi taman di rumah Kakek dan Neneknya anak-anak. Duh, tenang banget! Tanaman banyak, air terjun mini ada, cuaca cerah, tapi kok rasanya ada yang kurang ya? Iya, “kurang seru” kalau kata Althaf (6th) dan Albarra (2th). . Anak-anak mulai minta siram tanaman tengah hari bolong. Aduh, gawat nanti tanaman malah mati! Akhirnya muncul ide main air yang lain. Air mancur mini, yang kini tanpa isi. Rencananya sih mau ditempati ikan, tapi belum terealisasi. Aku pun bergegas membuatkan mereka “perahu kertas” untuk dimainkan di kolam.  . Ternyata ide yang muncul dari Althaf malah lebih banyak dan berkembang. Dia mau memberi tanda setiap perahu dengan crayon, berupa warna, huruf, atau angka. Jadi, setiap perahu akan bertarung. Perahu yang paling kuat bertahan menghadapi air terjun maka itu adalah pemenangnya. MasyaaAllah… Tabarakallah… Brilian!!! . A

BunSay - Game Level #9 Tantangan Hari #5

•Parkiran Mobil Dadakan• . Bismillaahirrahmaanirrahiim… Menginap di rumah Kakek dan Nenek adalah hal yang menyenangkan bagi Althaf (6th) dan Albarra (2th). Namun, tentu saja tak semua alat permainan bisa dibawa. Kemarin mereka hanya membawa beberapa buku bacaan, buku gambar, alat mewarnai, mainan robot, dan mobil-mobilan. . Nah, terkait dengan mobil-mobilan, track balapan yang super banyak dan panjang jika digabung itu, tak dibawa. Namun ternyata, Althaf dan Albarra berinisiatif menggunakan kotak susu UHT untuk membuat parkiran mobil bahkan track balap mobil. Tak salah kan keputusan Bundyta bawakan susu UHT 1 karton? Hehe... . Jadi, bukan hanya untuk diminum, susu kotak pun bisa menjadi alat permainan yang memacu kreativitas anak. MasyaaAllah… Tabarakallah… Teruslah berimajinasi ya, Nak! Mari berkreativitas tanpa batas… Kalau menurut kamu, kotak susu UHT bisa dibuat apa lagi? Share di sini yuukk... . #hari5 #level9 #gamelevel9 #kuliahbunsayiip #tantangan10h

BunSay - Game Level #9 Tantangan Hari #4

•Albarra dan Telur Puyuh• https://www.instagram.com/tv/Albarra&TelurPuyuh Bismillaahirrahmaanirrahiim… Albarra (2 th) mau kasih tau nih, Guys! Cara makan telur puyuh yang cepat tanpa repot. Hehehe… . Jadi awalnya Bundyta ngajak Albarra bareng-bareng kupas telur puyuh kesukaannya untuk dimasukkan ke sayur sop. Perlahan ia mengikuti instruksi, ketuk-ketuk telur ke piring, lalu kupas. Melatih motorik halus dan menguji ketahanan. . Tapi karena sudah tak tahan ingin makan, baru dikupas sedikit langsung aja dia gigit. Haha… MasyaaAllah… Tabarakallah… Anak kreatif ini akhirnya camilin telur puyuh sebagian, baru deh sebagian lagi nyemplung ke sayur sop. . #hari4 #level9 #gamelevel9 #kuliahbunsayiip #tantangan10hari #institutibuprofesional #thinkcreative #IIPxBundyta #iipdepok #iip . @institut.ibu.profesional @ibuprofesional.depok

BunSay - Game Level #9 Tantangan Hari #3

•Libur Telah Tiba, Bebas Main Apa Saja• . Bismillaahirrahmaanirrahiim… Hari pertama libur sekolah bingung belum ada rencana kemana-mana. Akhirnya, mainlah kita bersama dengan senjata bantal, guling, karpet, sprei, selimut, kursi, dan meja. . Pertama-tama Althaf (6 th) hanya menyusun bantal dan guling di atas karpet persis berbentuk denah rumah 2 dimensi. Sedangkan kursi dan meja hanya dijadikan pembatas luar saja. Aku kemudian menstimulasi dengan ide membuat rumah 3 dimensi. . Bolak-balik aku perhatikan Althaf tak berhasil membuat atap. Walaupun kesal, ia terlihat masih penasaran. Bersama Albarra akhirnya mereka berhasil membuat rumah sederhana. Bolong depan, belakang, dan samping biar gak “pengap” katanya. Hahaha… Bebas, Nak! Bebas… . #hari3 #level9 #gamelevel9 #kuliahbunsayiip #tantangan10hari #institutibuprofesional #thinkcreative #IIPxBundyta #iipdepok #iip . @institut.ibu.profesional @ibuprofesional.depok

BunSay - Game Level #9 Tantangan Hari #2

•Naik Angkot Ala Althaf• https://www.instagram.com/AlthafNaikAngkot Bismillaahirrahmaanirrahiim… Naik mobil pribadi pernah, naik taxi sering, naik ojek tiap hari. Nah, kali ini kita cobain pulang dari sekolah naik angkot yuk! Qadarullah setelah menemani ambil raport Althaf (6th), Ayah langsung ngantor, jadi pulang ke rumahnya cuma bertiga nih! . Sepanjang perjalanan Bundyta cerita tentang tips naik angkot. Uhuy! Naik kaki kanan, duduk yang tertib di bagian dalam, tutup jendela sedikit, berbagi tempat dengan posisi sopan, dll. Alhamdulillah, sepanjang perjalanan penumpang sepi bahkan kosong. Padahal Bundyta mau simulasi kalau nanti Althaf agak gedean, sekolah naik angkot ajah. Hehe… . Akhirnya, Althaf pun menemukan cara asik naik angkot. Dibukanya jendela lebar-lebar, lalu tiduran lah dia di kursi dengan santai. Sampai ketiduran sekitar 10 menit. Althaf sungguh terlihat tengah mensyukuri dengan cara kreatif, nikmatnya naik angkot kosong. MasyaaAllah… Tabarakallah... .