Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober, 2019

BunSay - Game Level #7 Tantangan Hari #8

•Balapan Mobil• https://www.instagram.com/tv/BalapanMobilAlthaf . Bismillahirrahmaanirrahiim… Hari ini Althaf (6th) meminta izin untuk nonton YouTube lagi, setelah kemarin-kemarin diberikan privilege. Awalnya sih cuma weekend aja, tapi dia mohon-mohon satu video sehari. . “Nonton apa sih?” “Mc Queen.” “Kan udah nonton Cars 1, 2, 3 diulang-ulang.” “Bukan film, Bun! Tapi games balapan.” “Manfaatnya apa?” “Ini kan balapan, jadi aku bisa lihat teknik-tekniknya.” . Althaf lanjut memamerkan catatannya dengan semangat, seraya meyakinkanku. Di buku tabel bekas itu, ada nama-nama peserta balapan, model mobil, nama mobil, jenis track, perlengkapan balap dan lain-lain. . Setelah kuingat-ingat, minatnya terhadap balapan ini sudah ada sejak usianya 3 tahun. Aku pernah mengatakan bahwa aku akan khawatir kalau dia jadi pembalap. Akhirnya, cita-cita itu Althaf lupakan dan beralih ke sepak bola. Namun, kecintaannya terhadap balapan ternyata tak tergantikan. . Di sisi

BunSay - Game Level #7 Tantangan Hari #7

•Dinosaurs Stickers• https://www.instagram.com/tv/DinosaursStickersAlbarra . Bismillahirrahmaanirrahiim… Albarra (2th), sekarang kalau diajak belanja, udah bisa tunjuk ini itu dan minta beli. Seringnya sih gak dibeliin, tapi saat melihat stiker kok kayaknya dia pengen banget. Mimik wajahnya memohon membuat Bundyta tak tega. Akhirnya, dibawa pulanglah beberapa model stiker. . Dipikir-pikir bagus juga sih, bermain sambil melatih motorik halus. Melepaskan stiker dan menempelkannya di “Wall of Stickers” milik Albarra dan Althaf alias pintu kamar. Hehehe… Alhamdulillah sekarang dia sudah bisa melakukan semuanya sendiri, malah yang sudah ditempel kadang dilepas lagi dan dipindah-pindah tempat. . Namun, ternyata ada keseruan lain yang membuat pancaran kebahagiaannya bersinar layaknya bintang. Tak jarang saat menempel stiker, Albarra sambil bermain peran. Dinosaurus makan, terjatuh, minta tolong, dan lain-lain membuatnya jadi punya cerita sendiri. Alhamdulillah tak hanya mot

BunSay - Game Level #7 Tantangan Hari #6

•Buku Pilihanku• . Bismillahirrahmaanirrahiim… Pagi hari Bundyta bantu memasukkan buku yang Althaf pinjam di perpustakaan. Sudah 2 kali jenis komik yang ia bawa pulang, hari ini waktunya untuk mengembalikan. Penasaran dengan buku selanjutnya yang hendak ia pinjam, akhirnya aku selidiki dengan bertanya santai. . “Mas Althaf seneng banget baca komik?” “Iya.” “Kenapa, Mas?” “Seru gitu, Bun! Ada gambarnya.” “Nanti mau pinjem komik lagi?” “Yaa gak tau, Aku mau liat-liat dulu.” . Malam hari biasa kami seperti biasa membaca buku bersama di rumah. Althaf pun dengan semangat memperlihatkan buku yang dipinjam hari ini di perpustakaan. . “Bun, Aku pinjam buku ini.” “Wah, buku apa nih?” “Ini Bun. Kita bisa percobaan-percobaan lagi. Tuh, kan ada bahannya, caranya juga ada.” “Kirain kamu pinjam komik lagi. “Kita udah lama kan gak percobaan, mangkanya tadi pas Aku lihat ini, langsung pinjam.” . MasyaaAllah… Tabarakallah… Hari ini mengingatkan kembali pada ma

BunSay - Game Level #7 Tantangan Hari #5

•I Love Monday• . Bismillahirrahmaanirrahiim… Wah, sudah Senin aja nih! Kamu kalo ketemu hari ini, semangat atau malah sebaliknya? Hehe.. Kebanyakan sih belum bisa move on dari weekend ya? Tapi jangan salah, ada juga lho yang menantikan hari Senin, bahkan ketika baru ketemu Selasa. Persis seperti cerita Althaf (6th) pagi ini. . “Bun, kemarin temenku cerita katanya dia lebih suka Sabtu daripada Minggu. Soalnya besoknya masih libur.” “Hm… Iya juga sih, tapi kalau Bunda dulu sukanya Minggu, soalnya ada film Doraemon setiap hari Minggu.” “Sama. Aku juga lebih suka Minggu.” “Kamu kan jarang nonton Doraemon sekarang. Minggu bisa main sepanjang hari di luar ya?” “Bukan. Aku seneng Minggu, soalnya besok Senin, Aku bisa ekskul Bola.” “Oalah… Bagus lah, jadi semangat sekolah di hari Senin. Hahaha…” . Senyam-senyum Althaf kalo udah ngomongin bola. Gak tau tepatnya mulai kapan, kayaknya sih sejak sekolah di TK yang lapangan rumputnya luas dan asik banget buat main bola

BunSay - Game Level #7 Tantangan Hari #4

•Pertandingan Perdana• . Bismillahirrahmaanirrahiim… Hari ini hari yang spesial, bukan hanya buat Althaf (6 th), tapi juga buatku. Dari beberapa hari yang lalu, aku punya rencana keluar kota, tapi ragu dan urung dilakukan. Hari ini pun sebenarnya bertepatan dengan jadwal belajarku bersama teman komunitas, tapi akhirnya kubatalkan. Hm… Ternyata aku perlu ada bersamanya. . Ya! Tak tega rasanya kalau harus mengorbankan kesempatan Althaf bertanding untuk kali pertama antar sekolah. Jumat siang, sepulang sekolah Althaf dengan berbinar-binar menceritakan rencana pertandingan ini. Tepat setelah Surat Tugas resmi dari sekolah kuterima. Kebahagiaannya yang bercampur dengan kecemasan berlangsung hingga Sabtu dan Minggu pagi. . Alhamdulillah saat bertanding Althaf tampil dengan optimal, walaupun skill memang jauh dari kata profesional. Wajar saja untuk anak kelas 1 SD yang baru berlatih sekitar 5-6 kali pertemuan. Terlepas dari itu, terima kasih ya, Nak! Untuk penampilannya, untu

BunSay - Game Level #7 Tantangan Hari #3

•Obat Ngantuk• . Bismillahirrahmaanirrahiim… Siapa yang kalau pagi-pagi di jalan, saat berangkat ke sekolah masih ngantuk? Althaf (6 th) salah satunya, baik naik mobil maupun motor, pasti ketiduran selama perjalanan. Nah, tantangan muncul saat ia tertidur di motor, bahaya kan? . Berbagai cara telah dilakukan untuk mengatasinya. Mulai dari membuat perjanjian untuk tidak tidur, mengajaknya mengobrol, memintanya bernyanyi, mengulang hafalan, sampai menyuruhnya turun dari motor dan berjalan kaki hingga beberapa meter di pinggir jalan. . Sampai suatu saat, Althaf mengantuk saat masih di rumah, menunggu ayah siap untuk berangkat ke sekolah. Adiknya, Albarra tiba-tiba mengajak untuk bermain bola sepak. Seketika matanya terbuka menyambut ajakan bermain bola dan hasilnya lumayan juga, ia tak terlalu cepat mengantuk saat di jalan. . Akhirnya, kemarin Althaf kuminta untuk bermain basket sejenak sebelum berangkat ke sekolah. Ternyata memang kecintaannya terhadap olahraga bisa

BunSay - Game Level #7 Tantangan Hari #2

•Tanggung Jawab• . Bismillahirrahmaanirrahiim… Waktu menjelang sore, Bundyta masih menemani Albarra bobo siang di kamar. Tiba-tiba Althaf (6 th) masuk dan ikut berbaring di sebelah. Ndusel-ndusel, lalu memastikan Albarra udah tidur dan emaknya jangan sampe ketiduran. Hahaha... . “Pusing Aku, Bun!” “Istirahat dulu, tidur.” “Aku bukan mau tidur.” “Main kan sore, masih ada waktu sejam, lumayan.” “Aku ada tugas Math tambahan.” “Kok tumben?” “Iya, katanya buat latihan.” “Yaudah nanti malam kerjain.” “Sekarang aja deh, jadi udahannya bisa main. Hehe..” “Okeh, yuk Bunda temenin!” “Asik…” . Hadeuuhh.. Althaf ini kalau urusan janji buat main tuh selalu deh, inget banget. Namun demikian, Bundyta bangga, Nak! Kamu belajar bertanggungjawab atas segala kewajiban. Belajar untuk menghadapi dan memenuhi, bukan menghindari. MasyaaAllah… Tabarakallah… Keep Shining, My Star! . #hari2 #gamelevel7 #tantangan10hari #kuliahbundasayang #institutibuprofesional

BunSay - Game Level #7 Tantangan Hari #1

•About Archery• . Bismillahirrahmaanirrahiim… Sepulang sekolah, Althaf sudah heboh dengan berbagai ceritanya. Kali ini bukan soal bagus atau tidaknya gambar yang kemudian ia buat, karena apapun yang ia gambar kadang hanya digunakan sebagai media bercerita. Walaupun demikian, Bundyta sangat bangga, gambarnya memang belum sempurna, tapi tetap bermakna. . Belum ganti baju dan bersih-bersih, ia langsung mengambil kertas origami. (Dalam hati) Hari ini nunjukin bentuk plane atau shuriken nih? Eh, ternyata  mengambil beberapa pensil warna dan mulai menggambar di bagian tanpa warna. . Mulailah Althaf bercerita tentang ekskul memanah, panjang kali lebar. Bicara dengan tangan sambil menggambar. Awalnya, ia berbaris per kelas, pemanasan, teori, hingga 3 kali shooting yang menancap ke lingkaran berwarna kuning. Aku pun menyimak dengan seksama dan sesekali bertanya. . Kulihat binar matanya saat bercerita. Ini bukan soal prestasi, lebih tepatnya belum, tapi sebuah hasrat yang ke