Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Juli, 2019

Aliran Rasa - Game Level #4 - Meningkatkan Kecerdasan Anak

•Aliran Rasa dalam Memahami Gaya Belajar Anak• . Bismillah… Berakhir sudah tantangan 10 hari sebagai ikhtiar memahami gaya belajar anak. Namun, kenyataannya, 17 hari tantangan dilakukan pun aku belum bisa benar-benar memastikan apa gaya belajar yang dimiliki Althaf dan Albarra. InsyaaAllah proses pengamatan akan terus aku lakukan seiring dengan proses belajar yang dilakukan sehari-hari. . Akan tetapi, sejujurnya aku kurang puas dengan pelaksanaan tantangan pada level #4 ini. Dengan beberapa kesibukan lainnya di waktu yang bersamaan, aku jadi kurang mempersiapkan diri. Aktivitas tantangan pun dilakukan tanpa membuat sebuah perencanaan, alhasil semuanya serba kebetulan dan seadanya. Istilah kerennya sih insidental. Bener gak tuh? Haha... . Dari sebagian besar aktivitas belajar, atau bermain sambil belajar yang dilakukan, Althaf terlihat lebih dominan memiliki gaya belajar Visual Kinestetik. Sementara Albarra yang masih banyak melakukan eksplorasi, terlihat bergaya Audito

Sertifikat: KaMi Menulis IP Depok

Alhamdulillah, aku mendapat tiga jenis sertifikat di Kelas Minat Menulis Ibu Profesional Depok, pada batch kali ini. Bersyukur sekali, Allah mudahkan dan mampukan karena ternyata tak semua mendapat kabar baik ini. Ada yang mendapat 3 juga, bahkan lebih. Akan tetapi, kebanyakan dari peserta KaMi Menulis Depok hanya mendapat 2 sertifikat, bahkan ada yang 1. Nah, mau tau apa saja? Aku share satu per satu yaa... •Menulis Tentang Kamu• . Bismillah… Untuk kali pertama belajar menulis biografi. Perasaan “excited” banget, apalagi saat mengetahui sosok yang hendak dibuat profilnya. Siapakah dia? . Bunda Iggo & Iggi, sejak awal sudah bikin aku penasaran, karena nama anaknya sama dengan nama panggilan Pak Suami. Hehe.. Enggak ding! Tertarik dengan feeds instagramnya yang kebanyakan berisi tentang aktivitas anak. Kebetulan Iggo seumuran dengan Althaf dan di usianya saat ini sudah terlihat bakat melukisnya. Wah! Jadi, tambah pengen buru-buru ketemu deh. . Setiap hari

Menua Bersama, Sehidup Sesurga

•Menua Bersama, Sehidup Sesurga• Bismilah, alih-alihingin mendapat pengalaman seru &lucu, ke-LATAH-an kami utk ikutan menggunakan aplikasi FaceApp malah membuatku khawatir & sedih. Bolak-balik kuperhatikan gambar prediksi perubahan wajah kami saat tua, tak terasa air mataku menetes, lagi & lagi. . Yaa Allah, walaupun keriput tak dpt dipungkiri, smoga keceriaan kami ttp bs sperti ini. Smakin bahagia, tetap mesra & menua bersama. Slalu saling mencintai, setia mendampingi & selamanya melindungi. Sedih, saat sekali lg kuperhatikan gambar ini. Kekuatan kami tlah berkurang, secara fisik & psikis tentu kami akan mengalami perubahan. . Yaa Allah, proses kehidupan apa saja yg akan kami lalui hingga saat itu tiba? Bgmn cara kami menghadapinya? Air mataku jatuh lagi, seraya berdoa. Smoga Engkau selalu meluruskan niat kami utk hidup bersama, beribadah, menyempurnakan separuh agama. Baik di saat kami msh gagah, maupun di saat kami sdh lemah & lelah. .

BunSay - Game Level #4 Tantangan Hari #17

•Building Blocks• . Bismillah… Althaf (6 th) kembali menemukan permainan yang membuatnya “anteng” dalam waktu yang lama. Permainan menyusun partikel kecil semacam lego hingga menjadi bentuk tertentu. Pilihan pertama jatuh pada bentuk Bare Bears, Si Beruang Kutub. . Althaf senang sekali menyusun blocks tersebut sambil melihat petunjuk. Jemarinya cukup cepat menyelesaikan susunan blocks mulai dari dasar. Namun, karena partikel blocks terlalu kecil, daripada Lego ukuran standar, maka ia harus lebih fokus. Aku pun yang diminta menemani, malah jadi pusing sendiri. Hahaha... . Aktivitas ini menguatkan hasil pengamatanku beberapa waktu terakhir, bahwa Althaf memiliki gaya belajar Visual dan Kinestetik. Walaupun demikian aku masih tetap perlu memberikan kegiatan lain untuk menstimulasi gaya belajar secara Audio. Dengan ini, insyaaAllah kemampuan Althaf menyerap berbagai informasi menjadi lebih optimal. Aamiin. . #hari17 #gamelevel4 #ilovetolearn #tantangan10hari

BunSay - Game Level #4 Tantangan Hari #16

•Jam Tangan• . Bismillah… Berawal dari waktu bermain sore yang seringkali terlewat, akhirnya Althaf (6 th) belajar tentang jam. Sebelumnya sudah diingatkan, jika terdengar suara murotal di masjid berarti sudah menjelang Maghrib, jadi harus segera pulang. Namun, patokan waktu ini tak terlalu efektif, entah karena terlalu asik bermain atau memang Althaf tak terlalu bisa menghiraukan peringatan secara Auditori. . Akhirnya aku beralih pada jam tangan sebagai pengingat. Pada mulanya, ia hanya mengetahui jam 1, 2, 3, dst. Lama kelamaan belajar terkait menit, karena waktu bermain di luar sekitar 1 jam 30 menit. Jadi, tanpa sengaja kini Althaf sudah paham mengenai waktu. Belum sampai belajar perhitungannya ya, hanya sekedar mengetahui batasan waktu saja. . Tentu pada kondisi ini terlihat proses belajar Althaf, yang lebih mudah “deal” dengan apa yang ia lihat secara Visual. Walaupun terkadang dipasang alarm juga sih di jam tangannya untuk mengingatkan saat waktu bermain selesai.

BunSay - Game Level #4 Tantangan Hari #15

•Ludo• . Bismillah… Kali ini aku mau cerita sekaligus curhat, boleh ya? Althaf sejak beberapa waktu lalu lagi ikut-ikutan main ludo online pakai hp ayahnya. Yaa iyalah, siapa yang gak tergiur liat ayahnya main sambil senyam senyum. Siapa yang sudah ikutan? Siapa yang sudah kecanduan? . Hm… Karena ayah lebih sering di luar rumah, jadi Althaf pun mulai minta download di hp bunda. Dituruti ga ya permintaannya? Seperti biasa jawabannya, “Althaf boleh main Ludo, tapi tidak di hp ya…” Triiinggg…!!! Sepulang sekolah, mainan Ludo pun aku persembahkan kepadanya. Althaf pun langsung kegirangan, ganti baju, cuci-cuci, langsung deh main sama bunda. . Permainan jenis ini memang begitu disukainya, ada koordinasi mata dan tangan sambil belajar berhitung juga dengan kocokan dadunya. Ada pula strategi untuk mencapai kemenangan. Althaf mulai bisa bermain dengan caranya sendiri, bagaimana untuk bisa sampai tujuan lebih dahulu dan menghindar dari “singkiran” lawan. . Tak lama temannya

BunSay - Game Level #4 Tantangan Hari #14

•Menyampul Buku• . Bismillah… Surat tugas pertama dari sekolah tiba, isinya daftar bawaan untuk dikumpulkan segera. Sudah pasti ada item buku-buku yang perlu disampul, wah aku langsung bahagia. Maksud hati sih bisa meminta bantuan Althaf (6 th), Si Anak Kinestetik, untuk menyampul buku. Namun apa daya, baru berhasil menyampul satu buah buku tulis, ia langsung menyerah. Itu pun baru sampul coklatnya saja, belum plastiknya. . Sebenarnya Althaf senang sekali menyampul buku, tetapi karena sampul coklat itu mudah robek, ia lebih suka menyampul plastik. Di sisi lain, ada aktivitas yang selalu membuatnya bersemangat, yaitu menggunting selotip bening untuk merekatkan sampul. Alhamdulillah aku selalu terbantu dengan kegemarannya ini, kalau sedang membungkus kado pun ia selalu bersedia menyiapkan potongan-potongan kecil selotip untuk dapat langsung digunakan. . Jika dilihat dari proses menyampul buku ini, gaya belajar Visual, Audio dan Kinestetik Althaf dapat muncul. Alhamdulilla

BunSay - Game Level #4 Tantangan Hari #13

  •Tas Manik-Manik• . Bismillah… Kali ini aku ingin bercerita tentang Althaf (6 th) yang untuk kesekian kalinya hilang di pusat perbelanjaan. Hahaha… Gak hilang sih, cuma tak terlihat dari pandangan mataku, padahal jaraknya dekat. Jelas saja tak tampak, karena kali ini Althaf tiba-tiba berjongkok dan fokus pada sebuah tas. . Ketika aku dekati, ternyata ia sedang bermain manik-manik sebagai hiasan luar tas tersebut. Althaf senang sekali, karena bisa membuat pola dengan cara menyentuh manik-manik tersebut ke atas atau ke bawah. Saat aku melihatnya, ia sedang membuat pola berbentuk hati. . Di satu sisi aku jengkel, karena Althaf membuatku deg-deg-an khawatir hilang. Namun, di sisi lain aku melihat kreativitas muncul dalam dirinya saat melihat stimulasi tas tersebut. Terlihat di sini gaya belajar Visual Kinestetik. Dimana pola-pola cantik yang tergambar adalah hasil dari koordinasi jari-jari tangan dan imajinasi. MasyaaAllah… Tabarakallah... . #hari13 #gamelevel4 #ilo

BunSay - Game Level #4 Tantangan Hari #12

•Back to School• . Bismillah… Hari yang dinantikan pun tiba, setelah liburan yang saaangat panjang, tak terasa Althaf (6 th) hari ini sudah masuk Sekolah Dasar (SD). Kalau diperhatikan sih masih belum banyak perubahan dengan saat masih TK. Dibangunkan dari tidur perlu usaha lebih, makan sudah sendiri sih tapi durasinya masih lama, begitu juga mandi dan pakai baju. . Namun, Althaf sangat semangat dalam menyiapkan tas, sepatu dan segala perlengkapan sekolahnya. Begitu juga sesampainya di sekolah, wajahnya sumringah. Bisa jadi semangat karena sekolahnya baru atau gara-gara sepanjang perjalanan tidur melulu, jadi pas nyampe, segeerr banget deh terlihatnya! Hahaha… . Alhamdulillah kegiatan hari pertama berjalan cukup lancar, tanpa drama. Semoga memang karena ia sudah siap dari segi fisik maupun mental. Iseng-iseng aku tunggu di sekolah, terlihat dia sudah bisa beradaptasi dengan guru dan teman baru. Sampai di rumah pun ia bercerita panjang lebar tentang kegiatan hari ini de